Membangun Kesadaran Geologi Melalui Pembangunan Kota

Urban Geology – Geologi Perkotaan, merupakan komponen penting dari perencanaan perkotaan. Hal ini dipahami dengan baik oleh banyak geoscientist, tetapi pemahaman ini juga harus disebarluaskan kepada semua pihak yang terlibat yang bekerja pada perencanaan kota dan pembangunan. Para pembuat kebijakan, perencana dan geoscientists harus memiliki komunikasi yang baik untuk perencanaan kota yang efisien. Geologi Perkotaan telah menjadi subjek yang diakui dantelah didirikan di beberapa instansi kota di Asia dan Negara-negara lain, namun masih ada kesenjangan yang besar dalam aplikasi data geologi oleh orang lain.
Pertemuan Ilmiah Tahunan IAGI tahun 2014 ini mengangkat Geologi Perkotaan (Urban Geology) dengan penyelenggaraannya di Jakarta sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diharapkan akan menjadi contoh pengelolaan perkotaan berbasis geologi di Indonesia.
Jakarta sebagai ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia tidaklah mungkin dimiliki oleh warga Jakarta saja. Sebagai pusat pemerintahan Jakarta memiliki berbagai fungsi termasuk untuk administrasi, kontrol serta distribusi kesejahteraan pada seluruh rakyat Indonesia dimanapun berada. Sehingga keberadaan Jakarta menjadi perhatian semua warga negara Indonesia.
Dalam rangka untuk menjamin keberhasilan masa depan geologi perkotaan, sangatlah penting bagi Ikatan Ahli Geologi Indonesia untuk ikut mempromosikan bidang ini sebagai bidang akademik yang baku di universitas. Tidak hanya di fakultas kebumian namun juga di fakultas yang mengajarkan perkembangan kota (urban planning).
Tema PIT IAGI ke – 43 tahun 2014 ini diharapkan akan memberikan memotivasi kepada lembaga-lembaga pemerintahan, lembaga akademik dan juga menciptakan kesadaran masyarakat akan nilai geologi perkotaan. Disisi lain tentusaja IAGI mengharapkan kesadaran geologi pada anggotanya melalui Pengda-pengda IAGI untuk terus aktif membantu pemerintah kota atau propinsi yang ditinggalinya.

Salam IAGI !